Wednesday, November 19, 2008

keNaNgan si Cimut..... ;p



hoLLa guYs!!!

Hari ini gw menganggur gag jelas!! Udah beberapa hari di rumah terus, g kemana2 gara2 penyakit flu yang dengan senang hati menghampiri gua. Dan tentu saja gw dengan berat hati harus pasrah dihampiri sama virus2 tak diundang itu.

Selama beberapa waktu itu, banyak hal yang membuat gue berpikir. I did thinking bout a lot of things. Mulai dari mendiang hewan peliharaan kesayangan gw -- anak ayam jago bernama Cimut, sampe hal-hal yang belakangan mengisi berita di layar kaca kita dan headlines2 di berbagai surat kabar, yah sebenernya yang gw baca cman Kompas sama Jawa Pos, secara langganannya cuman dua media itu.
Tapi soal pikiran2 liar yang muncul di kepala gw gara2 berita2 TV dan headlines koran kita bahas di posting berikutnya aja...Cimut would goes first.




Cimut dateng ke rumah gw benar2 sangat amat tidak diharapkan dan tidak disangka-sangka. Gw suka ayam, tapi yang udah mati dan matang. Bukan yang masih bernafas dan bergerak dengan aktif dan sangat hobi mengeluarkan ranjau2 busuk ke rumput indah nan hijau di halaman rumah gw.

Perkenalan gw dan Cimut terjadi waktu gw masih SMP, kelas 2, di sebuah kota kecil tempat dinas papa dan kami sekeluarga juga tinggal di rumah dinas bergaya kolonial yang disediakan pihak perusahaan.
Perlu diketahui, karena kota itu sebagian masyarakatnya masih sangat berinteraktif dengan alam, dan papa juga waktu itu memegang jabatan yang lumayan di tempat dinasnya jadi banyak banget anak buahnya yang juga masyarakat sekitar sering datang berkunjung ke rumah membawa “oleh-oleh” dari hasil kebun dan ternak2 mereka. Sekedar info aja waktu keluarga gw selametan pindah rumah ada juga masyarakat setempat yang rela nyumbang satu ekor sapi!! MAHAL!!! Belum lagi ada ayam2, kambing, dan bahan2 kebun lainnya. Tapi lumayanlah....buat menekan pengeluaran. Huehehe.
Kalau hasil kebun udah gak kehitung berapa karung oleh2 yang masuk ke rumah gw, tapi kalo hewan ternak pemberian, rekor terbesar masih dipegang sama ayam kampung peliharaan orang-orang yang baik hati itu.


Sepertinya akibat banyaknya jumlah ekor ayam hidup hasil pemberian yang berkeliaran di pekarangan rumah gw, membuat mama gw kerasukan ide gila. Bikin peternakan ayam di halaman belakang, which was a bad news for me soalnya rencana gw bikin tempat maen basket di halaman belakang rumah pupus sudah.

Mama pun mengumpulkan informasi tentang ayam2 dan perawatannya, tak lama kemudian kiriman anak ayam2 mulai berdatangan. (tapi anak ayamnya yang udah agak gedean lho ya...bukan yang masih berbulu halus warna kuning itu, bukan anak ayam rocker yang biasa kalian beli di depan gerbang sekolahan yang bulunya udah di cat dengan warna2 ngejreng)
Tak berapa lama dari pengiriman yang pertama, gak tau juga kloter yang keberapa, ada kiriman anak ayam lagi dan si putih Cimut ikut serta di dalamnya.



Siang itu gw baru pulang sekolah, bis mandi karena kegerahan tiba2 mama manggil kita semua.
“waduh mama pasti mau pamer ayam baru lagi ini...” pikir gw.


Dan dugaan gw 100% benar!!
Tapi kali ini anak ayamnya ada yang aneh.
Biasanya anak ayam kalo dideketin sama manusia pasti lari terbirit-birit ketakutan.

Hari itu, diantara anak ayam baru, ada satu anak ayam baerwarna putih bersih dengan jambul merah kecil nyempil di kepalanya -- (kalo susah ngebayangin inget aja Chicken Little, asli mirip banget)--menghampiri mama, gw dan adek2 gw sambil mengeluarkan suara ciap-ciapnya dengan ceria.

Gw heran. Adek2 gw juga. Mama memasang ekspresi bangga. Ternyata mama manggil kita semua karena mau nunjukkin anak ayam itu.
Mama pun nyuruh kita naruh makanan ayam di tangan sambil disodorkan ke anak ayam itu.
Si anak ayam langsung datang menghampiri tangan gw yang masih gemeteran, gw pun berani ngelus2 si anak ayam yang lucu itu, dan ternyata direspon, persis kayak anjing sama masikannya bedanya yang ini gak pake ngejilat-jilat ke muka kita.
Adek2 gue pun ikut antusias. Rumah jadi rame karena kehadiran si anak ayam.

Dari cerita yang kita dapat dari mama, penjual ayam ini bilang kalo dari kecil banget si anak ayam udah gak punya induk, sepertinya sih induknya udah keburu laku dijual ke pasar, dan akhirnya si anak ayam yang tak berorang tua ini jadi lebih akrab sama manusia dibanding sama ayam2 lainnya. Petang pun datang, waktunya ayam2 untuk beristirahat, anak2 ayam lain sudah mendapat tempat di sebelah ayam2 betina dewasa lain, mama pun sibuk mencarikan tempat buat si anak ayam favorit gw itu, gak dapet2 dan akhirnya gw dan adek2 gw inisiatif untuk ngambil kardus yang dikasih alas dan selimut cukup untuk menghangatkannya saat malam tiba. Tanpa sadar kita mulai sayang sama anak ayam itu, dan akhirnya sepakat untuk ngasih nama anak ayam itu Si Cimut, soalnya imut2 banget.

Hari2 bahagia bersama si Cimut pun dimulai.

Tiap pulang sekolah, gw langsung menghampiri Cimut di halaman belakang, manggil2 si Cimut dan Cimut pun yang sedang main sama teman2nya datang menghampiri gw.
Adek2 gw juga ikutan. Seharian waktu kita dihabiskan dengan main bersama Cimut, Malam menjelang kita pun mengantarkan si Cimut ke rumah kardusnya yang hangat. Malam hari selalu jadi waktu yang menyedihkan karena waktu bermain dengan si Cimut udah habis, seperti ayam2 lain, Cimut harus istirahat saat matahari terbenam.


Cimut jadi kebanggaan kita, kalo ada teman yang main ke rumah dengan bangga Cimut dipamerkan. Bayangin aja, mana ada anak ayam kalo dipanggil namanya langsung datang ke majikannya, biasanya juga yang kayak gitu kan anjing. Cimut benar2 keajaiban bwt gw dan adek2 gw.
Gayanya yang lucu, badannya juga putih bersih, gak suka ngeranjau sembarangan, ekspresif, ceria, benar2 anugrah dari Allah deh tuh anak ayam.


Tapi seperti kata orang2 bijak jaman dulu, setiap ada pertemuan selalu ada perpisahan. Bisa jadi pertemuan itu berlangsung lama, dan bisa juga cuman sebentar. Yang bisa kita lakukan hanya memanfaatkan waktu yang kita punya dengan sebaik-baiknya.


Suatu hari sepulang sekolah, gw gak menemukan Cimut.
Gw dan adek2 gw mulai mencari Cimut lagi habis mandi sore.
Dan masih juga tetep enggak ketemu, kita pun mulai nyuruh pembantu dan orang2 lain yang mau dimintai bantuan buat nyari Cimut. Setelah lama, hampir menjelang magrib pembantu gw menemukan Cimut, tepet di pintu samping rumah gw, dalam keadaan terluka parah seperti habis dipukul dengan benda keras atau mungkin juga kena lemparan batu.

Ternyata hari itu salah seorang di rumah gw gak sengaja lupa ngunci pintu samping di halaman belakang, Cimut akhirnya jalan2 keluar. Cimut emang gak punya rasa takut sama manusia, semua orang dianggap teman, dianggap sama dengan orang2 yang dengan kasih sayang merawatnya di rumah.

Tapi Cimut yang polos gak tau kalo di luar sana enggak semua orang itu sama, tetangga samping yang rumahnya tepat di depan pintu samping halaman belakang itu pelakunya. Dikirainnya Cimut mau mengacau di halaman rumahnya, belum juga sempat menyeberang jalan ke rumah orang itu Cimut dilempari dengan beberapa batu yang ukurannya lumayan besar untuk ayam sekecil Cimut. Cimut pun terluka parah, kedua sayapnya patah, salah satu kakinya juga patah dan mengeluarkan darah, dan sepertinya leher Cimut juga cedera parah. Gw panik. Semua orang panik. Cimut langsung dibawa ke dalam rumah dan mendapatkan penanganan serius dari mama. Setelah diperiksa sebentar, mama bilang kalo sepertinya Cimut gak bisa bertahan lama. Gw dan adek gw dengan sabar menunggu dan menemani Cimut saat diberi obat sama mama. Cimut berusaha bertahan, ngeliat kita bertiga Cimut mengeluarkan suara ciap-ciapnya dengan lemah, sepertinya dia pengen main tapi gak bisa. Gw dan adek2 gw sedih banget, gak tega ngeliat si Cimut.


Selama dua hari Cimut terus mendapatkan perawatan intensif di rumah gw, selama dua hari itu gw dan adek2 gw dengan setia menemani Cimut dan berdoa kepada Tuhan supaya Cimut sepat sembuh, selama dua hari itu gw dan adek2 gw cman bisa menghibur si Cimut dengan mengamati perkembangan si Cimut dan nemenin Cimut walaupun keadaannya terus melemah.
Malam kedua dirawat, Cimut mulai menunjukkan sedikit perkembangan, suaranya udah mulai sedikit normal, sayapnya udah mulai bisa gerak walaupun Cimut masih harus menahan sakit buat menggerakkan sayapnya. Kami semua gak sadar kalo saat itu adalah malam terakhir bersama Cimut.

Keesokan subuh, gw dan adek gw yang no.2 – Gista-- ngecek keadaan Cimut.
Ternyata Cimut udah gak ada.
Kita berdua nangis histeris karena gak nyangka Cimut akan pergi secepat itu.

Beruntung hari itu kita berdua libur, jadi punya waktu untuk menguburkan Cimut.

Pagi itu kita gak berhenti2nya menangis dan mengumpat nenek tua jahat reot nyebelin yang tinggal di samping rumah gw, yang dengan tidak berperasaan udah nyiksa Cimut sampai Cimut sekarat dan akhirnya meninggal. Gw memerintah orang buat bikinin potongan bambu kecil untuk pagar kuburan Cimut. Cimut dikuburkan di halaman depan rumah, dan dikuburkan dengan layak, juga dengan iringan doa supaya Cimut masuk surga, gak lupa dengan taburan bunga di atas pusaranya. Disekeliling kuburan Cimut diberi pagar bambu kecil yang dicat warna-warni. Tiap hari, selama beberapa hari gw dan adek2 gw rajin mengunjungi kuburan Cimut.


Setelah gw masuk SMA, papa dipindah tugaskan, kami sekeluarga pun pindah. Tapi kenangan Cimut di rumah dinas itu gak akan pernah gw lupakan. Sampai sekarang gw dan adek gw yang namanya Gista selalu ingat sama Cimut, karena kita berdua yang menguburkan Cimut di halaman rumah dan berdoa untuknya dihari pemakamannya.

Cimut pun jadi bagian yang berharga dari kenangan kehidupan masa kecil gw dan adek2 gw.
Semoga Cimut bener2 masuk surga dan ingat saat2 lucu waktu bermain bersama.


Cimut.....we miss you a lot!!!

0 comments:

Post a Comment

 

goes with...Ice Cream and Tiramisu Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template